Subscribe:

Selasa, 19 Juni 2012


Persiapkan diri kita memasuki dunia kerja
Sebelum kitam memasuki dunia kerja banyak hal yang harus kita lakukan, supaya nantinya kita tidak salah melangkah dalam menjajaki karir kita.....

Beberapa hal yangperlu kita lakukan untuk mempersiapkan diri memasuki dunia karir:
Kenali bakat Anda.
Setiap manusia dibekali dengan kemampuan untuk bekerja. Pertanyaannya, apakah kita mengenali kekuatan dan kemampuan diri kita sendiri? Saat ini sudah banyak metode yang tersedia untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang. Jika kita bekerja sesuai dengan bakat kita, maka kita akan menikmati pekerjaan kita dan menghasilkan tingkat produktivitas yang tinggi. Seperti melakukan tes bakat
Kembangkan keterampilan dan pengetahuan seputar bakat Anda
Setelah mengetahui bakat yang kita miliki, mulai asah pengetahuan di bidang yang sesuai dengan bakat tersebut. Contoh: jika anda suka menjual barang/jasa, berarti harus membaca buku-buku atau mencari sumber dari internet mengenai teknik menjual. Anda juga dapat menghadiri seminar-seminar mengenai sales dan marketing.

Carilah pekerjaan yang sesuai dengan bakat Anda
Mulailah membangun pengalaman sesuai dengan bakat yang dimiliki. Jadilah orang yang profesional di bidangnya. Kumpulan cahaya yang difokuskan akan menjadi sinar laser yang tajam sehingga mampu memotong besi baja yang tebal. Demikian juga dengan hidup kita, jika kita memiliki fokus di satu bidang, suatu hari kelak kita bagaikan laser yang dapat memotong setiap bidang pekerjaan kita.
Milikilah mentor
Pepatah mengatakan, "Pengalaman adalah guru yang terbaik." Kita akan menjadi ahli jika menekuni satu pekerjaan dalam kurun waktu yang cukup lama, misalnya 10 tahun. Tetapi kita dapat mempercepat proses pembelajaran kita jika ada seseorang dengan pengalaman lebih dari 10 tahun yang bersedia membimbing serta mendampingi kita dalam pekerjaan kita, sebagai contohnya menjadi siswa yang gemar melatih soft skill dengan mengikiti berbagai kegiatan pelatihan.
Workshop Dunia Kerja “Tips dan Trik Lolos dalam Tahap-Tahap Seleksi Kerja”
LCDC, Jumat, 23 September 2011
Pembicara: Galang Lufityanto, S.Psi., M.Psi. 
id.jobsdb.com


0 komentar:

Posting Komentar