Subscribe:

Selasa, 19 Juni 2012


Mengurangi Kebiasaan Mengantuk Ketika Membaca

Sudah tidak perlu disangsikan lagi manfaat kegemaran membaca buku. Buku apapun itu. Kegiatan membaca merupakan salah satu wujud perlawanan kita terhadap segala ketidaktahuan. Tak heran jika membaca dapat dikatakan pula sebagai gerakan memberantas kebodohan.
Namun terkadang, kegemaran kita akan membaca terhalang oleh sifat malas dan rasa bosan ketika melihat buku-buku yang sedang kita baca. Rasa malas dapat berawal dari rasa kantuk yang datangnya tiba-tiba. Membuat mata terasa lelah dan ingin segera menghentikan membaca.
Ketika Sudah Mulai Mengantuk...

1.    Minum air putih
Menurut penelitian, kurangnya cairan bisa menimbulkan rasa kantuk dan menurunkan tingkat konsentrasi seseorang. Jadi bisa menyebabkan kantuk. Maka, siapkan seember air saat kita hendak belajar. 
2.    Makan permen
Ini sebenarnya adalah alternatif lain agar otak kita tidak hanya bekerja membaca buku, tapi juga mengunyah. Jadi tidak terjadi kebosanan di otak sehingga kita terhindar dari kantuk.
3.    Posisi belajar
Ingat, posisi menentukan prestasi loh, dan itu benar. Eits, disini maksudnya posisi saat belajar, bukan posisi saat kita ujian. Usahakan posisi duduk saat belajar adalah duduk dengan punggung tegak. Karena menurut penelitian, posisi ini adalah posisi yang optimal agar terhindar dari kelelahan yang akhirnya menuju ke rasa kantuk.
4.    Putuskan rantainya
Oke, disaat kita mulai mengantuk, stop belajar. Daripada kita meneruskan belajar dan kita menjadi semakin mengantuk dan tertidur, lebih baik kita berhenti belajar. Lalu, apa yang harus kita lakukan? Ya, kita harus memotong rantai setan ini dengan melakukan aktivitas yang bisa membuat kita lupa kalau kita pernah mengantuk.
Ada 3 Cara Paling Efektif untuk Membaca Buku:

Pertama, terapkanlah teknik membaca kontemplatif. "Ketika membaca buku, jangan dari awal sampai akhir lewat begitu saja kemudian lupa”
Kedua, buatlah mind mapping. Caranya, membuat garis besar isi buku setelah selesai membacanya.
Ketiga, berikan catatan pada notes kecil untuk mencatat ide yang muncul dari buku yang Anda baca. "Pengetahuan tidak ada artinya kalau tidak memunculkan ide. Misalnya, bikin catatan-catatan dari baca buku ini (yang dibaca), apa yang Anda dapatkan. Sebuah buku akan berkesan kalau berhasil membuat kita terinspirasi dan membuat kita punya ide untuk melakukan sesuatu,"
Ada 5 manfaat membaca untuk kesehatan:
1.      Melatih Otak
2.      Meringankan Stres
3.      Menjauhkan resiko penyakit Alzheimer
4.      Mengembangkan Pola Tidur yang Sehat
5.      Meningkatkan Konsentrasi



DAFTAR PUSTAKA





0 komentar:

Posting Komentar