Subscribe:

Selasa, 22 Mei 2012

KENALI DIRIMU, TANTUKAN KARIRMU


KENALI DIRIMU, TANTUKAN KARIRMU

Untuk menentukan karir yang tepat ada 4 hal yang perlu kita lakukan, Yaitu:
       
         a.      Kenali area karir
         b.      Kenali diri sendiri
         c.       Tentukan pilihan karir
  d.    Buat perencanaan







A.   Macam-macam Area Karir

Area karir dibagi menjadi 4 golongan , yaitu:
1.      Formal
Area karir formal biasanya merupakan bidang karir yang membutuhkan kapasitas interpersonal yang kuat dan kesukaan pada area bisnis.
Contohnya: Banker, marketing, bisnismen, dan lain-lain.
2.      Profesional formal
Area karir profesional formal merupakan bidang karir yang membutuhkan keahlian tertentu yang harus dipelajari lewat pendidikan formal, bahkan ada yang harus mengikuti ujian profesi.
Contoh: jurnalis, psikolog pengacara, guru, konselor, akuntan, programer, dan lain-lain.
3.      Profesional non formal
Area karir profesional non formal merupakan bidang karir yang membutuhkan ketrampilan khusus tanpa harus melewati pendidikan formal.
Contoh: artis, penari, entertainer, dan lain-lain
4.      Non formal
Area karir nomformal biasanya memerlukan latihan namun tidak perlu melewati pendidikan formal.
Contoh: wiraswasta.


B.   Mengenali Diri Sendiri


Mengenali diri sendiri adalah hal sangat amat penting dalam hidup ini karena mengenali diri sendiri adalah kunci proses pergembangan diri. Dengan mengenali diri sendiri, seseorang akan menyadari kemampuan dan bakat-bakatnya serta keterbatasan dan kekurangan diri sendiri, sehingga orang tersebut dapat menempatkan diri dalam pergaulan. Dengan mengenal diri sendiri, seseorang mengetahui apa yang mesti jadi tujuan hidupnya dan  ia lebih mampu menemukan makna dan kepenuhan dari hidupnya. Selain itu orang yang mengenali dirinya dapat mengolah kemampuan serta bakat-bakat (potensi) yang ia miliki demi mencapai tujuannya.
Mengenali diri tidak lepas dari usaha yang disengaja, seperti yang sedang kita lakukan setiap saat. Kita dapat mengenal diri sendiri dengan bantuan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan bantuan teman dan pengalamandengan diri sendiri dalam beradaptasi dengan lingkungan. Berikut bagaimana cara-cara kita untuk mengenali diri sendiri:
1.      Melalui sejarah perkembangan diri
seperti evolusi perkembangan manusia. Dari situ kita dapat pemahaman tentang banyak hal mengenai diri kita, bukan saja menyangkut perkembangan fisik manusia melainkan juga perkembangan peradabannya, sebagai hasil dari perpaduan perkembangan baik fisik maupun psikisnya.
2.      Melalui penelusuran bakat dan kepribadian
Kita juga dapat mengenal diri sendiri melaui pelusuran bakat dan kepribadian. Terdapat beberapa tipe kepribadian dengan cirinya yang khas. Setiap orang, merupakan perpaduan dari beberapa tipe kepribadian, juga memiliki sifat-sifat tertentu yang dominan sehingga dapat digolongkan dalam tipe tertentu. Sifat-sifat khas ini akan mewarnai penampilan seseorang dalam hidupnya, menyertai seseorang dalam berhadapan dengan lingkungannya, kejadian-kejadian yang melibatkannya, baik secara langsung, maupun tidak langsung.
Begitu juga sifat-sifat khas ini dapat ikut menentukan keberhasilan dan kegagalan seseorang. Melalui metode penelusuran bakat, seseorang dapat dengan baik mengetahui bakat-bakat dominannya
3.      Melalui pengalaman sehari-hari
Pengalaman-pengalaman nyata juga dapat menjadi jalan untuk mengenal diri sendiri. Kesabaran atau ketidak sabarang dalam antrian, kesediaan untuk mengalah, kegigihan dalam mewujudkan cita-cita, ketekunan dalam tugas, kesetiaan menepati janji, kepekaan terhadap lingkungan dan sebagainya. Kita dapat melihat diri sendiri dengan meninjau kembali pengalaman-pengalaman dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Melalui kebersamaan dengan orang lain
Kita dapat juga mengenal diri sendiri melalui kebersamaan dengan orang lain. Kita dapat meneropong diri dengan membandingkan dengan orang lain. Dengan itu kita dapat melihat persamaan dan perbedaan kita dengan orang lain, yang sekaligus memperlihatkan kekhususan kita.
5.      Melalui kacamata orang lain
Selain beberapa cara yang telah dikemukakan kita juga dapat mengenal diri melalui “kacamata orang lain”, teman, sahabat dan orang–orang lain yang dekat dengan kita, mengenai bagaimana kesan dan penilaian mereka terhadap diri kita, kadang-kadang orang lain lebih objektif mengenal diri kita daripada kita sendiri.



C.   Perencanaan Karir

   Jika telah dapat menentukan arah karir, langkah selanjutnya adalah melakukan perencanaan karir.Yang harus dilakukan saat membuat perencanaan karir diantaranya:
1.      Tentukan karakter anda
2.      Apa yang peru ditambah dan apa yang perlu diperbaiki
3.  Memikirkan langkah-langkah atau langkah yang akan ditempuh
4.      Kapan akan dilakukan???

untuk memotivasi diri anda, kunjungi video berikut :):



2 komentar:

  1. CERITA NYATA PENJUAL SAYUR JADI MILYADER"
    ------------------------------------------------------------------
    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
    Saya ibu kartini asal Surakarta, jawa tengah keseharian saya sibuk dengan berjualan sayuran di pasar, pada jam 04:00 wib subuh saya sudah berangkat ke pasar untuk berjualan dan ketika sampai di pasar tersebut saya sangat shock karna pasar tempat satu2nya saya mengaut rezeky ludes terbakar api, dengan insiden itu saya jatuh miskin rumah saya pasti akan di sita karna modal untuk beli lapak hasil dari kredit bank dengan jaminan sertifikat rumah saya, sebulan setelah musibah itu apa yang saya kwatirkan pun terjadi pihak dari bank datang untuk menagi Rp.120juta, namun saya meminta waktu 15 hari untuk mencari pinjaman dulu, saya mencari bantuan selama 7 hari tapi saya cuma mendapat pinjaman dari keluarga dan kerabat hanya 9juta, tentu belum cukup untuk bayar hutang, saya sudah putus asah bingung harus pinjam kemana lagi untuk mencari kekurangannya, singkat cerita ketika saya sedang berjalan saya bertemu teman semasa SMA dulu pakaiannya sangat bagus dan memakai perhisan yang sangat mencolok, saya pun menceritakan masalah yang tengah saya hadapi sekarang ini, dia tersenyum dan siap membantu saya itu yang teman saya katakan, saya pun di suruh mampir kerumahnya untuk mencerikan darimana kekayaan yang dia dapatkan, saya di beritahu klau semua masalah saya akan teratasi dengan bantuan paranormal, teman saya bercerita tentang kelebihan aky sadewa dalam menarik uang ghaib dan teman saya sudah di bantu oleh beliu dengan uang ghaib 3milyar dan dia gunakan untuk beli rumah dan buka usaha hingga dia sukses seperti sekarang ini, saya tidak pikir panjang setelah mendengar cerita dari teman saya langsung minta nomor aky sadewa dan menelpon beliu untuk meminta bantuan, setelah saya konsultasi aky langsung menjelaskan semua proses dan biaya ritualnya saya pun setuju dan siap untuk melaksanakan syaratnya karna ritual aky sadewa ritual islami tanpa tumbal, dan syarat utama untuk sukses harus menyedekahkan sebagian hasil uang ghaib itu, dengan modal uang hasil pinjaman yang saya dapatkan saya meminta aky sadewa untuk meritualkan penarikan uang ghaib 5 milyar setelah smuanya terlaksana aky sadewa meminta saya untuk membuka lemari di kamar saya dan ternyata lemari sudah terisi uang ghaib 5milyar alhamdulillah saya ucapakan puji syukur atas kekuasaan allah dengan adanya ritual islami aky sadewa hutang2 saya pasti lunas, terima kasih atas bantuannya aky semoga aky diberkahi allah amiin, kini saya tidak jualan di pasar lagi dengan hasil uang ghaib aky sadewa saya sudah punya toko swalayan lantai 2 jualan sayuran dan bahan kebutuhan rumah tangga, sukses dalam bisnis, rumah mewah mobil, perhiasan sudah saya dapatkan, Jika teman teman mau sukses dan kaya seprti saya dan teman saya jangan tunda lagi segera hubungi aki sadewa ahli ritual islami nyata tanpa gagal dan tumbal.
    ======================================
    AHLI RITUAL ISLAMI
    Nama: Aky Sadewa
    Nomor : 08 53 20 48 94 99
    Website: https://akysadewaritualislami.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  2. The best new slots casino - DrmCd
    Play free slots with no 아산 출장샵 deposit required or registration to get free bonuses without having to deposit any money or deposit anything. All 경상북도 출장샵 the slots you Min 태백 출장안마 Deposit: $10Games offered: 출장안마 Video slots, Progressive jackpot, Table 경상남도 출장샵

    BalasHapus